Pengalaman Operasi Menggunakan BPJS

Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) adalah program asuransi kesehatan pemerintah yang sudah mulai berlaku sejak bulan Januari 2014. Bagi anda yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh BPJS untuk meberikan perlindungan terhadap kesehatan. saya tidak akan menjelaskan panjang lebar megenai BPJS, apa saja jenisnya, dll. tetapi saya akan berbagi mengenai pengalaman saya menggunakan asuransi BPJS kesehatan yang dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi saya.
Sumber : Antarajateng.com
Seperti cerita saya sebelumnya, bahwa saya memiliki kista yang cukup besar dan harus segera diangkat, yang artinya saya harus melakukan operasi. Tentu saja tidak hanya mental menghadapi benda-benda tajam yang akan menyayat perut yang harus dipersiapkan, tetapi juga biaya. Karena terkendala dengan biayanya yang cukup besar, sayapun mencari informasi bagaimana agar saya bisa terbantu soal biaya. setelah mendapatkan informasi dari teman dan mbah google, akhirnya sayapun mendapatkan pencerahan untuk menggunakan BPJS.

Sayapun meminta bantuan ibu saya untuk mendaftarkan di BPJS kabupaten Batang Hari, sesuai dengan asal KTP yang saya miliki. Setelah mendapatkan kartu peserta BPJS untuk kelas 1, sayapun langsung mencari RS yang bermitra dengan BPJS, baik itu di Jambi dan di Jakarta.

Setelah fiks dengan RS yang akan menjadi tujuan saya untuk melakukan operasi, saya harus membuat rujukan ker RS tersebut. Berikut cara untuk mendapatkan surat rujukannya :

  1. Meminta surat rujukan dari puskesmas. Jangan lupa di perbanyak surat rujukan, kartu peserta BPJS, dan KTP. Surat rujukan ini berlaku untuk 1 bulan, jika lewat dari satu bulan dan kamu belum menggunakan surat tersebut maka kamu harus kembali membuat surat rujukan.
  2. Kemudian ke RSUD di kabupaten Batang Hari (RSUD HAMBA), setelah mendaftar (registrasi ke RS) ke loket BPJS dengan menyerahkan surat rujukan yang asli dan foto copy, setelah itu kembali lagi ke loket pendaftaran, baru bisa ke dokter yang dituju.
  3. Melakukan konsultasi ke dokter yang di tuju, jika di RS tersebut tidak bisa menangani penyakit yang diderita maka mereka akan memberikan rujukan ke RS lain yang bermitra dengan BPJS dan memiliki fasilitasnya. Karena di RSUD HAMBA tidak ada fasilitas laparoskopi (Jenis operasi yang akan saya jalani) maka saya diberikan surat rujukan ke RSUD Raden Mataher (RS sesuai dengan keinginan saya).
  4. Saya meminta surat rujukan dari Dr Kandungan yang akan menangani saya pada saat operasi di tempat praktek pribadinya. hal ini untuk mempercepat untuk mendapatkan jadwal operasi tanpa harus menunggu jadwal praktek dokter tersebut di RSUD Raden Mataher yang hanya 1 minggu sekali.. 
  5. Semua berkas-berkas tersebut di perbanyak dan kemudian melakukan registrasi di RSUD Raden Mataher.
  6. Menuju Poli Kebidanan, disana diberikan surat untuk melakukan proses operasi, seperti tes darah, tes urin, rontgent toraks, EKG, setelah mendapatkan hasil semua tes tersebut, ke poli penyakit dalam, dan semua hasilnya bagus dan bisa segera menjalani operasi. dan jadwal operasi sudah ditentukan.
  7. Ke Loket BPJS untuk mendapatkan surat untuk melakukan cek anestesi dan menjalankan operasi.
  8. Alhamdulillah operasi berjalan lancar.
Tentu saja tidak semua obat ditanggung oleh BPJS, pasca operasi ada beberapa obat yang harus di beli sendiri. Untuk ruang perawatan saya upgrade menjadi kelas VIP (tentunya akan ada biaya tambahan karna upgrade kelas).

Nah, setelah dirawat selama 5 malam, sebelum keluar tentunya harus membayar biaya perawatan dll. Ketika akan membayar harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang digunakan sebelumnya dan tambahan lembar catatan pada saat konsultasi dengan dokter juga harus di fotocopy sebagai bahan lampiran.

Alhamdulillah mengenai biaya dengan adanya BPJS sangat terbantu. hampir 90% dari biaya yang harusnya dieluarkan ditanggung oleh BPJS.

Komentar

  1. senang mendengar kabar bahwa pelayanan kesehatan publik bekerja baik.

    ada juga cerita tukang kembang yg biasa ngider di komplek rumahku di Bogor Utara, yg harus mengantar ayahnya operasi mata. dia harus menunggu 10 harian sebelum diperbolehkan masuk rumah-sakit. pengurangan biaya hanya untuk ruangan saja. obat-obatan, sebagian biaya operasi, tetep harus bayar. mungkin tidak masalah kalau dia mampu dan punya alokasi untuk membayar biaya rumah sakit. persoalannya, keluarga si tukang kembang ini, habis-habisan menjual modal kerjanya agar rumah sakit mengijinkan ayahnya keluar setelah operasi dilakukan. total biaya 14 juta, saya harus membayar 6 juta, katanya. alokasi dana yg tidak kecil untuk seorang tukang kembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menunggu 10 hari itu untuk apa mba? Sebenarnya untuk berapa persen yang ditanggung BPJS itu tergantung rumah sakitnya tipe apa mba. ada yang 100% ditanggung dan ada juga yang 80% - 20%. Untuk obat2an memang tidak semua yang ditanggung, hanya yang ada didalam list tanggungan BPJS saja.

      Hapus
    2. kerak neraka jahannam udah menunggumu kawan sebagai rumah abadimu disana..selamat.

      Hapus
    3. hehe....
      Dunia Sementara, Akhirat SELAMANYA
      Saya tidak mau di neraka selamanya.
      Silahkan Bapak saja ya,... jangan bawa bawa yg lain

      Hapus
  2. Menunggu 10 hari untuk memastikan ada ruang kelas III yg kosong. Sepertinya harus dibaca lagi tuh soal berapa persen yg ditanggung, dan jenis obat apa saja. Semoga info-nya mudah didapat di google yah.

    BalasHapus
  3. Kebalikan dg saya nih,rabu besok operasi dg penyakit yg sama tpi saya masih nanggung biaya yg cukup banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dilancarkan ya mba Operasinya. Mba operasi di RS apa? Berapa persen biaya yang ditanggung oleh BPJS itu tergantung dari kelas rumah sakitnya mba. Semakin tinggi kelas rumah sakitnya, persentase yang dibayarkan oleh BPJS semakin besar.
      Semoga dilimpahkan rezeki yang lebih besar ya mba Dina. :)

      Hapus
  4. Alhamdulillah mbak. Saya juga. Lebih dr 90persen malah.. alhamdulillah.. baru ini saya puas sama layanan pemerintah.. hahaha.. untuk indonesia yng lebih baik. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau begitu mas Agus. "ayo bayar preminya tepat waktu" kata teman saya seperti itu. Katanya biar yang lain bisa ikut merasakan manfaat dari BPJS. :)

      Hapus
    2. Dear Sir / Madam,

      Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya DR LORENA FITCH seorang Nephrologist di LORENA GINJAL CLINIC. Kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Kami terletak di Turki, Amerika Serikat, Jerman, Polandia, Spanyol. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email: (LORENAKIDNEYCLINIC@GMAIL.COM)

      LORENA GINJAL CLINIC FOUNDATION

      Email: LORENAKIDNEYCLINIC@GMAIL.COM

      Hapus
  5. Mba kalo anggota yang baru pertama kali mendaftar BPJS apakah bisa langsung menggunankan fasilitas operasi di RS? Mengingat kakak saya jg menderita kista dan harus segera dioperasi, tarif di RS swasta bisa mencapai 25 juta menurut dokter kandungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Nur Hidayat, aku kemarin juga pas ada rencana mau operasi baru bikin BPJS, dan langsung bisa di gunakan. :)

      Hapus
    2. Bisa mas...
      Kmrn saya operasi usus buntu Puji Tuhan semua biaya di tanggung bpjs..saya kelas 2 pelayananya jga bagus tdk seseram yg saya kira..da bpjs sangat2 membantu

      Hapus
    3. Bisa mas...
      Kmrn saya operasi usus buntu Puji Tuhan semua biaya di tanggung bpjs..saya kelas 2 pelayananya jga bagus tdk seseram yg saya kira..da bpjs sangat2 membantu

      Hapus
  6. Aku laki mba...hehehhh...Ohh begitu ya mba, satu lagi pertanyaan, untuk upgrade kelas itu bagaimana caranya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, maaf mas.
      Untuk upgrade kelas, pada saat sudah mendapat jadwal operasi dan mencari kamar, langsung minta mau ruangan yang mana mas. kalo BPJSnya kelas 1, ingin di upgrade jadi VIP, pada saat memesan kamar, langsung kelas VIP. Otomatis sudah di upgrade kelasnya. Nanti pada saat pembayaran akan terlihat selisih harganya. Semoga operasi kakaknya lancar ya :)

      Hapus
  7. apa yang membedakan kelas 1 2 dan 3 mba? saya bpjs kelas 2.. rencana mau operasi mata anak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda di fasilitas kamar dan pelayanannya saja mba. kalo kelasnya lebih tinggi pelayanannya lebih di dahulukan mba. Semoga operasinya lancar ya mba :)

      Hapus
  8. mbak kalo mau operasi LO baiknya di rs yg kelas mahal atau murah ya... biar nanti biaya tambahan tidak makin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Rika, kalau menggunakan BPJS cari rumahsakit kelas A ya mba. Karna semakin baik rumah sakitnya, yang di cover oleh BPJS lebih besar.

      Hapus
  9. Adanya BPJS mungkin membantu sebagian orang, tetapi menjadi kemunduran pelayanan untuk sebagian orang, kalau melihat pengalaman dengan BPJS diatas ini hal yang mundur bagi saya, karena diperusahan tempat saya bekerja dengan jaminan dari perusahaan tidak sesulit pengalaman diatas, waktu saya oprasi 2 X oprasi, saya tidak perlu meminta rujukan dari puskesma, begitu sakit langsung memeriksakan diri dirumah sakit besar ( yang ke 1 RS Imanuel dan yang ke 2 RS Santosa ) begitu diperiksa harus oprasi, langsung lapor ke perusahaan dan langsumg minta pemeriksaan kesehatan pra oprasi dan setelah ada hasil langsung penjadwalan oprasi, bawa surat pengantar dari perusahaan, dan setelah selesai oprasi dan rawat inap lansung pulang tidak memikirkan biaya, karena RS langsung menagih pembayaran ke perusahaan, Perlu diketahui pada umumnya pelayan di RS swasta lebih baik, contoh untuk obat tidak perlu mengantri di apotek tapi sudah langsung ada di tangan perawat

    BalasHapus
  10. Mba saya penderita emdometriosis dan harus segera dioperasi. Kl sy dioperasi di RSUD, biaya ditanggung bpjs 100% atau tidak? Biaya termasuk biaya operasi dan obat2n. Trims

    BalasHapus
  11. Mbk mau tanya...untuk yg dicover bpjs oprasi laparoscopy kelas 1 brp y mb? Kebanyakan tumahsakit yg ada laparoscopy minta diupgrade jadi kelas vip...mksh mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk hal tersebut, bisa ditanyakan langsung ke RSnya mba. Besar yang di cover oleh BPJS juga tergantung kelas RSnya.

      Hapus
  12. Anak saya operasi laparascopy usus buntu dirumah sakit muhamadyah bandung,mmg ktnya alat msh sewa ...tapi saya pikir sdh dimasuka kedlm biaya tindakan,alhasil g dpt kamar kls 1 upgrdare dikls utama dengan alasan penuh,krn bingung anak hrs cepat mendapat tindakan akhirnya masuk jg.setekah menunggu sehari akhirnya bsk nya dioperasi dan alhamdulilah lancar..tetapi srbelum anak saya melek saya sdh dipanggil keruangan dokter bedah untuk segera membayar sewa alatnya ktnya 3,5..bsk harinya saya diminta untuk dp rumah sakit sebesar 50% dr biaya yg sdh berjalan....saya pikir kan sdh ada jaminan sementara dr bpjs...ternyata keesokan hrnya saya sdh diminta kembali dp....jadi apa dong namanya dp di awal?..terus terang msh bingung krn sampe saat berobat berjalan kami msh mencari biaya untuk diakhir perawatan...eh sudah dimintain dp lagi....apakah mmg demikian prosedurnya?kami menggunakan bpjs fas kes 1.kl mmg faskes rumah sakit kls c mmg tdk mengcover besar apa perlu juga meminta dp terlebih dahulu sampai 2x?tlg infonya trims

    BalasHapus
  13. Pengalaman saya pakai BPJS dari paskes awal katanya premi BPJS cuma 8rb,kayaknya kita orang miskin pakai bpjs dipandang sebelah mata,,dirujuk kekasih ibu untuk oprasi,dr RS kasih ibu dirujuk lagi ke RS siloam tanpa kasih obat,dari RS siloam dirujuk lagi ke RS wangaye,karna kalau pakai oprasi standart bisa kambuh lg sakit nya luar biasa,dianjurkan pakai stapler dgn tambah biaya lg 8jt sampai 11 jt, bingung mau ke wangaye tkt dirujuk lagi ke liang kubur mampus aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPJS mudah2 han sistemnya lebih baik lagi,karna harapan masyarakat tindakan DOKTER bukan rujukan&rujukan lagi,

      Hapus
  14. Saya seminggu yang lalu laparatomi kista alhamdulillah 98% ditanggu bpjs :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba, Semoga pemulihannya berjalan lancar dan nggak muncul lagi kistanya mba. Aamiin

      Hapus
    2. Mba boleh tahu operasi nya di rs mna ya..

      Hapus
  15. Kalau operasi pengangkatan rahim d cover bpjs gak ya mba??? Soalnya diagnosa dr yg nangani sy seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika alasan pengangkatan rahimnya karna alasan kesehatan, saya pikir bisa ditanggung BPJS mba.

      Hapus
  16. Kalau operasi pengangkatan rahim d cover bpjs gak ya mba??? Soalnya diagnosa dr yg nangani sy seperti itu

    BalasHapus
  17. Kalo pernah didiagnosa miom tp dgn dokter kandungan lain trs mau pake bpjs buat periksa ulang bisa atau gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja mba. Aku kemarin waktu mau ambil rujukan operasi di periksa ulang oleh dokter kandungannya. Yang penting step pemeriksaannya sesuai dengan aturan yang diterapkan BPJS mba.

      Hapus
  18. Mba mau tanya, saya kan mau operasi di rumah sakit kelas C, kalo mau minta pindah ke rumah sakit kelas A bissa ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikonsultasikan dengan dokternya mba. Jika dokternya menyetujui, akan dibantu untuk pindah ke rumah sakit lain. Semoga lancar ya operasinya.

      Hapus
    2. Mbb,sya mw tnya ni. Sy bru lbih krg 2 mggu slsai menjlankan operasi kista.alhamdulillah jga biaya operasi n smua nya d tnggung bpjs.pkoknya gak kluar uang sepeserpun. Tpi ad ttgga sya stlh operasi dia pas kontrol dksih suntik tapros,tpi sya kok tdk Y媪.nah klo mb nike nya d ksih suntik tapros gak ?

      Hapus
    3. mbak kalau minta rujukan dr faskes 1 kita bisa reques rs yg kerjasama bpjs diluar kota atau faskes 1 yg menentukanya? mohon infonya. terimakasih

      Hapus
  19. Mba mau tanya sy jg melaksanakan operasi kista tp rumah sakit yg dirujukan dri faskes 1 untuk sy melakukan operasi sy harus menunggu kamar,sy mau bertanya mb brapa lama menunggu kamar sebelum akhirna dioperasi krn keterangan dr rs kamar masi penuh sy harua waiting list dlu..thx mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dewi,
      Pada saat saya operasi kemarin, sebelum mendaftar untuk operasi saya melakukan pengecekan dulu ke RSnya, apakah tersedia kamar rawat inap atau tidak.
      Alhamdulillah, saya mendapatkan satu kamar VIP yang baru saja kosong. dan saya bisa langsung mendaftar untuk proses operasinya.

      Semoga segera mendapatkan kamar rawat inap ya mba, dan operasinya berjalan lancar. Aamiin..

      Hapus
  20. Mba mau tanya sy jg melaksanakan operasi kista tp rumah sakit yg dirujukan dri faskes 1 untuk sy melakukan operasi sy harus menunggu kamar,sy mau bertanya mb brapa lama menunggu kamar sebelum akhirna dioperasi krn keterangan dr rs kamar masi penuh sy harua waiting list dlu..thx mb

    BalasHapus
  21. Mba mau tanya sy jg melaksanakan operasi kista tp rumah sakit yg dirujukan dri faskes 1 untuk sy melakukan operasi sy harus menunggu kamar,sy mau bertanya mb brapa lama menunggu kamar sebelum akhirna dioperasi krn keterangan dr rs kamar masi penuh sy harua waiting list dlu..thx mb

    BalasHapus
  22. Sya baru mau daftar ke rumah sakit di faskes ada beberapa pilihan rumah sakit yg di tawarkan pihak faskes,,, tnpa pikir panjan sya pilih yg paling dekat dr rumah sya,,, stelah selesai dr faskes sya sengaja cari jadwal kpan waktu yg cocok ke rumah sakit mengingat masa berlaku surat rujukan ktanya sebulan,,, tp bru beberapa hari sya dpat info ktanya rumah sakit yg sya tuju gak ada dokter bedahnya krna sya kemungkinan besar harus operasi,,,, jd timbul kegelisahan dan prtanyaan sbaiknya sya kemana???
    Ke faskes lagi atau tetap ke rumah sakit trsebut supaya dapat rujukan lg buat ke rumah sakit yg mampu????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Mahmud,

      Bisa tetap ke rumah sakit yang sudah menjadi rujuakn di awal. Jika memang RS tersebut tidak tersedia fasilitasnya, nantikan akan diberikan rujukan ke rumah sakit yang lain dengan fasilitas yang lebih lengkap. ada baiknya sebelum meminta rujukan, mensurvey rumah sakit yang akan kita gunakan terlebih dahulu, baik dari fasilitas rumah sakit dan juga dokternya.
      Semoga lancar operasinya.

      Hapus
  23. Mba saya mau tanya klo alat stepler itu d tanggung bpjs atau enggak ya? Kbeteluan kponakan saya mau operasi penutupan kolostomi dan harus pake alat stepler dan klo gs d tanggung brapa ya kisaran harganya,, trmakasi

    BalasHapus
  24. Saya mau operasi kista laparotomi, begitu tanya rincian biaya menggunakan bpjs saya kls 1 upgrade jd vip dan brp yg dicover (20%) saja, dibandingkan dengan menggunakan umum..sepertinya saya memilih menggunakan umum saja. Karena malah lebih ringan umum. Kecewa bgt, tau gt ga akan tunggu dl smp 3 mgg pembuatan bpjsnya

    BalasHapus
  25. Saya mau operasi kista laparotomi, begitu tanya rincian biaya menggunakan bpjs saya kls 1 upgrade jd vip dan brp yg dicover (20%) saja, dibandingkan dengan menggunakan umum..sepertinya saya memilih menggunakan umum saja. Karena malah lebih ringan umum. Kecewa bgt, tau gt ga akan tunggu dl smp 3 mgg pembuatan bpjsnya

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum, mba sya bpjs kelas 2 mau pindah ke vip kira-kira selisihnya berapa ya? saya kena tumor dan akan oprasi banyak yg bilang selisihnya bakalan tinggi banget jadi bingung nih. Mohon infonya. Terima kasih

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum, mba sya bpjs kelas 2 mau pindah ke vip kira-kira selisihnya berapa ya? saya kena tumor dan akan oprasi banyak yg bilang selisihnya bakalan tinggi banget jadi bingung nih. Mohon infonya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Mba Windi, akan lebih jelas jika langsung ditanyakan ke pihak rumah sakit tempat mba akan melakukan operasi. karna setiap rumah sakit pastinya berbeda.
      Semoga operasinya berjalan lancar ya.

      Hapus
  28. Selamat sore mba,
    Saya mau tanya, pada saat telah mendapat jadwal operasi dan jika kita tidak naik kelas apakah kita harus lapor jg ke bagian opname untuk pesan kamar mba? Atau sudah otomatis diatur oleh pihak rmh sakit? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Diana,
      Pengalamanku kemarin ditanyakan mau menggunakan kamar rawat inap yang mana. jadi, tentunya perlu untuk kita mengkonfimasinya kamar rawat inap yang akan kita gunakan pasca operasi. jika tidak ditanyakan, mba perlu juga memastikan hal tersebut, agar tidak terjadi kesalahpahaman dibelakang. Semoga membantu ya mba dan semoga operasinya berjalan lancar.

      Hapus
  29. ass mba,
    saya punya kista yg ukurn nya cukup besar setelah d pikirkan berkali kali akhir nya saya memutuskan buat operasi karena rasa sakit yg udh gak bisa d tahan lagi.
    tp gilirn pas saya periksa dokter nya bilang ini hrus operasi, y saya jwb memang sy k rs itu tujuannya mw operasi.masa kata dktr ny ya gk bisa gitu mesti ada proses nya mungkin klo nunggu saya ada jadwal nya nanti tgl 30 maret.
    masa saya harus nunggu 3bln.
    belum lagi kt nya sebelum operasi harus suntik dlu 3x 1x suntik 1,5 jt itu byr sndri gak d tanggung bpjs.
    kalo ky gitu bisa gak sih saya minta dokter rs tersebut buatin rujukan buat saya supaya bisa daftar k rs lain mba.
    makasih mba sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ria,
      Setahuku suntik yang dimaksud (jika melihat besaran biaya suntiknya) adalah suntik tapros. tujuannya adalah untuk menghambat perkembangan kista. jadi selama kita mendapatkan treatment resebut, kita tidak akan haid. itu biasanya dilakukan pasca operasi, agar jaring kista yang tersisa tidak tumbuh kembali. atau pada saat ukuran kista masih kecil (kurang dari 5 cm) yang disertai dengan treatment pengobatan agar kistanya mengecil. jadi bukan dilakukan sebelum operasi.
      menurut saya, jika dokternya baru bisa melakukan tindakan operasi 3 bulan lagi, minta rujukan ke RS lain mba. atau mba bisa mencari informasi ke dokter lain sebagai referensi.
      Semoga proses operasinya lancar ya mba Ria.

      Hapus
    2. Bapak saya sudah di jadwalkan mau di operasi tetapi sudah lewat seminggu tidak ada panggilan dari RS nya apa kendalanya mbak? Terima kasih.

      Hapus
  30. Mba nike terimakasih blog nya membantu saya dlm mencari informasi ttg bpjs, sy skrg mengalami penyumbatan di bagian tuba falopi dgn diagnosa suspect hydroselpingx dan dokter menyarankan dilakukan oprasi laparoskopi, tp asuransi tmpt sy bekerja td mengklaim dan bpjs pun jwbn sama karna ini adalah infertilitas, padahal ini jg penyakit ya mba, kira2 untuk hal yg dialami sy mba tau jawabannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Vira,
      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Mohon maaf mba, jika dari bpjs dan pihak rumah sakit menyatakan tidak bisa dicover, berarti memang tidak bisa.
      Namun saran saya, mba bisa menanyakan ke rumah sakit yang lain. biasanya ada dokter yang mau membantu untuk hal ini.
      semoga membantu...

      Hapus
  31. Mba nike terimakasih blog nya membantu saya dlm mencari informasi ttg bpjs, sy skrg mengalami penyumbatan di bagian tuba falopi dgn diagnosa suspect hydroselpingx dan dokter menyarankan dilakukan oprasi laparoskopi, tp asuransi tmpt sy bekerja td mengklaim dan bpjs pun jwbn sama karna ini adalah infertilitas, padahal ini jg penyakit ya mba, kira2 untuk hal yg dialami sy mba tau jawabannya?

    BalasHapus
  32. dear mba nike
    oh gitu ya mba,,ukuran kista q tu 8cm mba itu kiri kanan udah ada,iya mba kemarin q juga minta gitu minta d rujuk k rs lain tp pas tanya k bpjs center yg ad d rs nya tetep gk bisa mba.emang prosedur nya gitu kt nya.terkecuali kalo alat" ny gak ada atau tenaga medis nya gk ada.
    bisa kasih tau gk mba referensi rs yg bisa terima operasi nya soalnya saya dh gk tahan sakit bgt tiap hari saya ngerasain sakit.
    makasih mba sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ria,
      untuk rujukan memang seperti itu mba prosedurnya.
      Atau mba bisa melakukan cek ulang kerumah sakit lain, jika mau dicover bpjs, tentunya harus mengikuti prosedur, ke klinik dulu, dari klinik minta rujukan ke RS yang memang sudah diketahui memiliki fasilitas BPJS.
      Semoga segera mendapatkan penanganan yang tepat ya mba.

      Hapus
  33. Hi mbak nike, mohon dijawab ya mbak. Mama ku ada kista, jumlahnya sudah lebih dari 2. Beliau juga menggunakan bpjs. mbak, boleh aku tau berapa kiranya biaya keseluruhannya diluar bantuan bpjs? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lita,
      Setiap rumah sakit tentunya memberikan harga yang berbeda-beda, dan besaran yang ditanggung oleh BPJS juga tergantung pada kelas rumah sakitnya. Jadi akan lebih baik jika mba lita langsung menanyakan perihal tersebut kepada pihak rumah sakit agar lebih jelas.
      Semoga proses operasi pengangkatan kista ibunya berjalan dengan lancar ya...

      Hapus
  34. Cara pembuatan bpjs bagaimana?

    BalasHapus
  35. Hi Mbak Nike.. Mau ikutan nanya nih krn suami harus operasi tumor otak dan psg Shunt/selang utk hydrocephalusnya. sdh punya BPJS tp blm pernah berobat ke puskesmas terkait, Tp disarankan utk segera di operasi, apa bs lgsg ke RSCM atau harus ke puskesmas dl utk minta rujukan ya ? Terima kasih sebelumnta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ita, sesuai prosedur BPJS, harus meminta rujukan dulu ke puskesmas atau klinik terdekat mba. aku kemaren juga begitu. kecuali kalau suami mba masuk ICU atau UGD, baru bisa langsung ke RS. semoga operasinya lancar ya mba.

      Hapus
  36. Hi Mbak Nike.. Mau ikutan nanya nih krn suami harus operasi tumor otak dan psg Shunt/selang utk hydrocephalusnya. sdh punya BPJS tp blm pernah berobat ke puskesmas terkait, Tp disarankan utk segera di operasi, apa bs lgsg ke RSCM atau harus ke puskesmas dl utk minta rujukan ya ? Terima kasih sebelumnta.

    BalasHapus
  37. Hi mba nike...saya mau tanya ibu saya mengalami batu di kantung empedu..kta dok hrs operasi pakai laparoskopi..dan dikasih rujukan ke bdg dengan bpjs...tp setelah disana rupanya pembayarannya hanya di tanggung bpjs 20% sisanya byr sendiri...akhirnya cari rujukan lain ke rs umum tp yg ada alatnya rusak sudah sebulan...nah yg saya tanyakan mba...bisa gak klo minta rujukan ke jakarta..dan rs mana dijakarta yang menyediakan operasi laparoskopi dengan bpjs?

    BalasHapus
  38. Hai mba.. Saya berencana operasi caesar. Kemarin baru bikin kartu bpjs. Jadwal pembayaran pertama masih tanggal 21 Maret nanti. Saya kemarin terlanjur ambil kelas 2. Apakah bisa direvisi jadi kelas 1? Takutnya nanti selisih biaya terlalu besar jika upgrade kelas vip. Tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba dian,
      saya kurang paham untuk upgarade kelas BPJS bagaimana. sebaiknya mba tanya langsung ke pihak BPJS saja mba. mohon maaf ya tidak bisa memberi informasi

      Hapus
    2. Upgrade kelas bisa mbak tinggal menyesuaikan pendapatan sebulan dan laporkan ke pihak BPJS Kesehatan.

      Hapus
  39. Hii mba thx banget blog nya sangat membantu aku mau tanya saat kita membuat surat rujukan dari puskesmas kita bisa request rs mana yang kita mau? Karna katanya penggunaan bpjs hanya untuk rs sesuai wilayah bpjsnya misal:saya tinggal di jaksel dan membuat surat tujukan dari puskesmas jaksel tetapi saya minta rs siloam yang letak nya dijakbar apa tetap bisa mba? Ditunggu balasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yuli,
      iya benar mba. kita bisa request RS yang mana kita mau. tapi hanya RS yang sesuai dengan daerah dimana mba mendaftarkan BPJSnya. tapi bisa dirubah kok mba, mba tinggal ke kantor BPJS saja, kemudian minta dipindahkan lokasi BPJSnya ke jakbar.

      Hapus
  40. saya mau oprasi miom orangtua saya,udah kritis di hasan sadikin bandung menggunakan bpjs,dan ternyata harus ngu jadwal sampe 8bulan..trimaksih buat bpk presiden atas pembodohan hya..

    BalasHapus
  41. terima kasih banyak atas informasi sangat membantu !

    BalasHapus
  42. Menggunakan BPJS apakah langsung di respon oleh RS atau masih harus menunggu beberapa hari?

    Contoh.
    Pagi ini saya daftar operasi, apakah sore hari sudah bisa dilakukan operasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal mas diego,
      Tidak bisa langsung mas. karna untuk operasi sendiri ada prosesnya dahulu. pengecekan kondisi pasien apakah bisa dilakukan operasi atau tidak.

      Hapus
    2. bak nike saya mau melakukan oprasi fistal.
      apa itu semua ditanggunh bpjs bak...

      Hapus
    3. bak nike saya mau melakukan oprasi fistal.
      apa itu semua ditanggunh bpjs bak...

      Hapus
  43. Menggunakan BPJS apakah langsung di respon oleh RS atau masih harus menunggu beberapa hari?

    Contoh.
    Pagi ini saya daftar operasi, apakah sore hari sudah bisa dilakukan operasi.

    BalasHapus
  44. mbak kalau minta rujukan dr faskes 1 kita bisa reques rs yg kerjasama bpjs diluar kota atau faskes 1 yg menentukanya? mohon infonya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari RS yang menentukan mba, dan biasanya harus satu wilayah...

      Hapus
  45. Alhamdulillah mba, aq 3 minggu lalu juga abis oprasi kista ovarium, aku pake bpjs dari kantor suami'ku, sangat membantu sekali karna aq ga kluar uang sepeser pun mba, pas pulang hanya kasih foto copy kartu bpjs ma ktp aja, itu sangat mudah proses'nya..
    Ternyata bpjs sangat membatu sekali :-)

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  47. Mbak mau tanya kalau pindah dari rs ke rs lain apakah bisa? Trus kalau ingin melakukan operasi laparoskopi dengan dokter yg dari rs sebelumnya dipindah ke rs selanjutnya apakah bisa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo MAs Azwar,

      Untuk hal tersebut, bisa ditanyakan ke RSnya langsung. apakah mereka merekomendasikan untuk pindah RS atau bagaimana.

      Hapus
  48. Aslkum mbak Nike..blog mbak Nike bagus dan banyak memberi pencerahan ttg BPJS.
    Mau ikutan nanya nih mbak..
    Kakak saya menderita tumor otak,yg oleh RSUD di daerah kami di rujuk ke RS PON.
    Di RS PoN kakak saya sdh di operasi,yang ALHAMDULILLAH semua biayanya ditanggung BPJS.akan tetapi,ternyata setelah operasi tersebut,Kakak saya harus menjalani kemoterapi/radiasi,yg berdasarkan penjelasan tenaga medisnya kemo/radiasi tersebut sebaiknya dilakukan di RSCM.
    Yang menjadi pertanyaan saya,Apakah pengobatan/perawatan yg akan pindah ke RS lain,biayanya akan tetap di cover BPJS.
    Mohon pencerahannya Mbak.Agar kami tdk salah dalam mengambil keputusan.Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Mba Aina, terimakasih banyak telah berkunjung. Alhamdulillah jika tulisan ini dapat membantu.

      Mba Aina, bisa dipastikan ke BPJS, apakah untuk kemo/radiasi bisa ditanggung oleh BPJS. JIka bisa, mba bisa minta rujukan dari RS PON ke RSCM untuk melakukan radiasi/kemo mba.
      Semoga jawaban saya membantu ya mba dan kakaknya segera pulih. Amiin

      Hapus
  49. Assalamualaikum mbak..minta pencerahannya mbak...boak sy mau d operasi empedu sekaligus batu ginjal kt dokternya yg di tanggung cuma 1 operasi saja...apakah betul begitu mbak...terimakasih

    BalasHapus
  50. Selamat siang mbak,maaf saya mau tanya.Suami saya diminta ERCP di RSCM.Kami mendapat nomor antrian 25 untuk rawat inap.Jika dalam masa tunggu kamar rawat inap tenryata rujukan dari faskes 1 dan rs perujuknya habis ,bagaimana ya apa harus urus rujukan lagi.Berapa lama biasanya rujukan itu berlaku?Terimakasih banyak atas pencerahannya.

    BalasHapus
  51. Mbak kponakan saya kemarin lg koas diyogya tiba2 pingsan dan langsung mendapat tindakan operasi usus buntu dg biaya bpjs....setelah itu kembali ke jakarta karena tinggalnya di jakarta...tiba2 perutnya sakit...jadi langsung dibaawa ke rumah sakit awal bross dibekasi...setelah dicek ternyata terjadi pelengketan usus yg telah dioperasi sebelumnya....dan harus dioperasi ulang,...dirumah sakit tersebut tdk bisa pakai bpjs harus mengeluarkan dp sebesar 42.5 juta....karena kondisinya sangat kritis jadi pihak keluarga menyanggupinya...
    Yang jadi pertanyaan apakah biaya yang telah dikeluarkan tersebut dapat diganti oleh bpjs...mengingat kakak saya tidak bekerja...
    Prosedur apa yg harus kami lengkapi guna klaim biaya yg telah dikeluarkan ? Mengingat kondisi keponakan saya itu gawat darurat (malam takbiran kemarin) ...jd kami tidak pakai rujukan dokter keluarga, kami memakai bpjs kls 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin atas apa yang terjadi dengan keponakan mba Nurzal, semoga pengobatannya berjalan dengan baik. Setahu saya, jika pengobatan dilakukan di RS yang tidak bermitra dengan BPJS, tidak akan bisa di klaim ke BPJS mba.

      Hapus
  52. Selamat malam mb..
    Mau tanya..ayah saya mengalami patah tulang pinggul.setelah dicek dokter spesialis ortopedi beliau dsaran kan utk operasi.yang mau saya tanyakan...bagaimana memilih rs yg bs mengcover 100% biaya operasi an rawat mb?karna kami msh blm mampu utk berobat sedemikian rupa

    BalasHapus
  53. Selamat malam mb..
    Mau tanya..ayah saya mengalami patah tulang pinggul.setelah dicek dokter spesialis ortopedi beliau dsaran kan utk operasi.yang mau saya tanyakan...bagaimana memilih rs yg bs mengcover 100% biaya operasi an rawat mb?karna kami msh blm mampu utk berobat sedemikian rupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, saya sarankan untuk mencari RSU dengan kelas A. dan pada saat perawatan menggunakan fasilitas sesuai dengan kelas BPJS yang diikuti. Namun saya tidak bisa menjamin 100% ditanggung oleh BPJS, karena tidak semua obat2an yg ditanggung oleh BPJS. Semoga operasinya berjalan lancar ya.

      Hapus
  54. Hai mbak, saya punya kista cukup besar sebagian besar dokter spog jambi blg hrs operasi tp dgn metode laparotomi. Emg ada ya mbak qt operasi kista dgn metode laparoskopi di jambi?mbak kmrn dgn dokter siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak luki,
      aku kemarin operasi di RSUD dengan dokter herlambang. untuk menentukan harus laparotomi atau laparoskopi, tergantung ukuran kistanya mba. biasanya kalau ketika diraba di perut terasa tonjolan kistanya, harus di operasi dengan cara laparotomi mbak, karna dengan laparoskopi sudah tidak memungkinkan lagi.

      Hapus
  55. Hai mbak, saya punya kista cukup besar sebagian besar dokter spog jambi blg hrs operasi tp dgn metode laparotomi. Emg ada ya mbak qt operasi kista dgn metode laparoskopi di jambi?mbak kmrn dgn dokter siapa?

    BalasHapus
  56. Bunda mau operasi, bisakah minta rujukan ke rumah sakit yg berada di luar daerah, misalnya ke jakarta, sementara bunda dari jambi misalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bunda, bisa saja bund bila dokternya setuju untuk memberikan rujukan ke RS diluar daerah. perlu ditanyakan juga apakah perlu merubah lokasi terdaftar BPJS kita. semoga membantu ya bunda dan operasinya berjalan lancar.

      Hapus
  57. Mau nanya berapa lama waktu rujukan dari rsud ke rsup untuk rujukan terakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk surat rujukan yang telah dibuat berlaku sampai akhir bulan. jika surat rujukan tersebut tidak digunakan hingga tanggal 1, maka harus dibuat kembali surat rujukannya.

      Hapus
  58. Saya ada cerita...saya bingung mengantar kaka saya yg harus tindakan oprasi,saya minta solusi dong agar tindakan oprasi kaka saya bisa di percepat...sudah 3 bulan proses di rmh sakit... saya harus pulang pergi ke rumah sakit... sudah 3 bulan nie blm ada tindakan oprasi..setiap ke rmh sakit,harus lab,trus rontgen,lab lg,dan konsultasi .. dan skarng harus scan..dan jadwal scan nya aja nunggu 1 bulan ,baru di scan.. padahal di dalam perut kaka saya ada tumor dll.kondisi tubuh kaka saya semakin kurus sekali..

    BalasHapus
  59. Saya ada cerita...saya bingung mengantar kaka saya yg harus tindakan oprasi,saya minta solusi dong agar tindakan oprasi kaka saya bisa di percepat...sudah 3 bulan proses di rmh sakit... saya harus pulang pergi ke rumah sakit... sudah 3 bulan nie blm ada tindakan oprasi..setiap ke rmh sakit,harus lab,trus rontgen,lab lg,dan konsultasi .. dan skarng harus scan..dan jadwal scan nya aja nunggu 1 bulan ,baru di scan.. padahal di dalam perut kaka saya ada tumor dll.kondisi tubuh kaka saya semakin kurus sekali..

    BalasHapus
  60. Saya jg lg rencana operasi kista endometriosis di RS Al Islam Bandung. Waiting list nya lama bgt, pengen pindah RS tp bingung ke RS mana ya yg bs pake bpjs. Tolong sarannya. Makasih...

    BalasHapus
  61. ternyata operasi kista atau miom sudah tercover BPJS yah, izin share mbak biar orang lain bisa tahu, terima kasih !

    BalasHapus
  62. Asslamu'alaikum Mbak..
    Istri saya saat ini mengandung 3 bulan. ketika umur 2,5 bulan akan di USG kandungannya, namun ternyata ada kista sebesar 5 cm.. dokter tersebut menyarankan operasi 2 minggu lagi... 2 minggu setelahnya kami mencari dokter alternatif lainnya dan di USG ternyata kista bertambah besar 8 cm, dokter alternatif kedua juga menyarankan operasi... Karena kami peserta BPJS, kami meminta rujukan dari faskes 1 (puskesmas), namun tidak diperbolehkan karena belum gawat, kata mereka seperti itu.... padahal 2 dokter di RS yang berbeda menganjurkan operasi dan kata mereka operasi dijamin BPJS... gimana ya mbak solusinya? karena syaratnya harus ada rujukan di faskes 1...masak kita harus menunggu kista bertambah besar dan masuk UGD.... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,

      Saya turut prihatin dengan kondisi istri Bapak.
      Kalau menurut saya jangan buru-buru operasi dulu pak, karena dengan perkembangan janin biasanya kistanya akan mengecil. untuk saat ini untuk menghambat pertumbuhan si kista hindari beberapa makanan yang dapat memicu pertumbuhan kista, seperti gluten, lemak, dan kedelai serta turunannya. kurangi makan daging merah dan gula juga pak. dan rutin untuk kontrol ke dokter. saya sudah bertemu banyak dokter karena kondisi saya, beberapa dokter menyarankan saya untuk melakukan operasi, tapi lebih banyak lagi yang menyayangkan saya melakukan operasi. karna tindakan operasi yang tidak bersih dapat menambah kantung kista.

      Namun pilihannya tetap ada pada bapak dan istri, coba konsultasi dengan dokter lainnya lagi untuk mendapatkan pilihan terbaik.

      Bila nantinya Bapak tetap ingin melakukan operasi, pada saat ke puskesmas jangan langsung meminta rujukan untuk melakukan operasi. tapi sampaikan keluhan dan meminta untuk dilakukan USG (sepengetahuan saya di puskesmas tidak ada alat USG), dari sana nanti akan dirujuk ke RSUD. Maka proses operasi dengan BPJS bisa dilakukan pak.

      Semoga membantu ya pak.

      Hapus
    2. Siap Mbak, Terima kasih sekali info dan sarannya

      Hapus
  63. Selamat sore kak, saya juga ada keluhan kista 5 cm dan dokter menyarankan saya untuk operasi karena saya jg ingin segera memiliki momongan. Saya rencana operasi di RS swasta yang didaerah saya sudah terkenal bagus tapi sayang biayanya mahal, sekitar 30an juta. Bingung juga takut gabisa dicover banyak dr bpjs. Bagaimana prosedur yg harus saya lakukan agar biaya yg harus sy bayar bisa diketahui? (Buat persiapan dana) bolehkah bertanya mengenai rincian biaya sebelum kita operasi? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore juga mba Putri,

      Mba putri, sepengetahuanku operasi kista tidak menjamin kita bisa langsung hamil. kecuali ditangani dengan dokter yang tepat dan dia mengetahui keinginan kita, misalnya mba putri ingin memiliki momongan.
      Mengenai biaya yang bisa dicover oleh BPJS sebaiknya mba putri diskusi dengan administrasi RS atau kepada pihak BPJS yang bertugas di RS tsb.

      Semoga membantu ya, dan semoga harapannya segera dikabulkan.

      Hapus
  64. Sangat membantu bloknya mbak.
    Saya mau nanya dengan Kartu KIS apa bisa operasi mata mbak..saya terkena ptyregium di kedua mata saya...apa kena biaya?
    Dan jika ingin operasi prosedurnya bagai mana mbk.trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Firdaus, saya kurang paham kalau menggunakan KIS. kalau dengan BPJS bisa dicover oleh BPJS untuk operasi mata.

      Hapus
  65. Ass mba nike..saat ini saya hamil 3bln,tp pas kontrol pertama ke dr.Spog ktnya ada kista 10cm,dan kehamilan ku yg 3bln ini kista ku sdh 11cm.apakah BPJS mengcover biaya operasi pengangkatan kista ku saat hamil y?soalnya kt dr. Usia kehamilan 4bln kistanya harus d angkat agar tidak mengganggu janin..aku jadi mba..?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicover mba sama BPJS, minta diproses saja sama dokternya. Jika tempat mba konsultasi saat ini tidak dicover oleh BPJS bisa minta dirujuk ke RS lain saja. atau mba konsultasi ulang...

      Hapus
  66. Selamat siang mas/mba,
    fyi, tidak semua alat dan obat yang ditanggung oleh BPJS. Mas/Mba bisa menanyakan alat apa yang tidak ditanggung, dan bapak bisa melakukan pengecekan di kantor BPJS alat dan obat apa saja yang ditanggung oleh BPJS. jika tidak ada didalam daftar tersebut, berarti memang menjadi kewajiban pasien untuk membayarnya.

    BalasHapus
  67. Pengalaman ketika ayah saya operasi bypass jantung di RSCM. Semua biaya ditanggung bpjs. Kami tidak mengeluarkan sepeser rupiah pun. Memang untuk awalnya agak ribet karena harus minta rujukan dari puskesmas, kmudian RSUD baru bisa ke rscm. Kebetulan ayah saya domisili dan ktp lampung. Ayah saya dvonis sakit jantung sudah sangat lama.sbelum ada bpjs setiap bulan kntrol ke jkt, karna di lampung tdk ada dr.jantung. sekali kntrol habis biaya kurang lebih 2jt untuk knsultasi dan obat serta akomodasi. Semnjak menggunakan bpjs sekrang sudah tdk kuatir akan biaya berobat. Semua ditanggung. Cuma kita harus sabar untuk ikutin alurnya. Dan senangnya lagi demua pkerja medis atau non medis di rscm sangat pro dengan bpjs. Dan pelayanannya juga sangat baik. Operasi bypass yg memakan biaya kurang lebih 250an juta lebih semua dicover. Dan sekrang ayah saya ada rncana untuk pemasangan alat pacu jntung krna jntungnya masih bermasalah yg kisaran harga untuk alatnya saja sekitar 700jt belum masuk biaya operasi dan semua itu rencana ditanggung oleh bpjs. Alhamdulilah sekali.

    BalasHapus
  68. Mba maaf, saya peserta bpjs, saya usg payudara tp dgn biaya pribadi bukan dgn BPJS, kira2 untk tindakan operasi nya pindah dgn menggunakan bpjs bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, mba ikuti prosedurnya BPJS ya untuk pengobatan. minta rujukan dulu ke puskesmas ke RS.

      Hapus
  69. Pagi mba, obatnya pasien bpjs itu dibeda2in menurut kelas yg diambil ga ya? Misal bpjs kelas 1, apa obatnya beda sama yg kelas 2 ato 3. soalnya dkt2 ini ortu juga mau operasi batu empedu

    BalasHapus
  70. Pagi mba, obatnya pasien bpjs itu dibeda2in menurut kelas yg diambil ga ya? Misal bpjs kelas 1, apa obatnya beda sama yg kelas 2 ato 3. soalnya dkt2 ini ortu juga mau operasi batu empedu

    BalasHapus
  71. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    Mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang
    Keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami
    Hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian
    Dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    Tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan
    Hubungi kami via email

    Email: Doctordaniel95@outlook.com Atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Handphone: +2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  72. Mbk mau tanya apakah oprasi bedah plastik bisa menggunakan BPJS??sedangkan BPJS saya baru berjalan 4bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tujuannya untuk estetika nggak bisa mba. saya kemarin mau operasi baru urus BPJS kok. jadi BPJS bisa langsung digunakan ketika baru daftar.

      Hapus
  73. Mbk mau tanya apakah oprasi bedah plastik bisa menggunakan BPJS??sedangkan BPJS saya baru berjalan 4bln

    BalasHapus
  74. Mbk mau tanya apakah oprasi bedah plastik bisa menggunakan BPJS??sedangkan BPJS saya baru berjalan 4bln

    BalasHapus
  75. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda?
    Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang karena keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang untuk Ginjal Anda. Nama saya Doctor Raymond adalah seorang Nephrologist di klinik klinik UBTH. Klinik kami mengkhususkan diri pada Operasi Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang hidup. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia dan Inggris. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami via email. Email: drkennethraymond@gmail.com atau drkennethraymond@outlook.com (Adamfred24@gmail.com)
    Kami menunggu tanggapan mendesak anda
    Drkennethr Salam Hormat Dr Raymond.

    BalasHapus
  76. Assalamualsikum..... Maaf nh cuma mo curhat... Barusan saya dapet rujukan harus operasi amandel ke RSUD TANGERANG SELATAN dengan menggunakan bpjs,, setiba disana Dan sudah melakukan pendaftaran lalu saya menuju poli yg bersangkutan yaitu THT setelah memeriksa amandel saya ternyata udh parah... Bengkaknya udh gede bngt Dan harus di operasi nah saya jawab OK saya setuju di operasi tpi kapan jadwalnya eeehh dokternya bilang tunggu sampe tahun 2018 bulan 2 baru bisa operasi.... Whaattzzz!!!! Dia bilang udh parah tpi mesti nunggu hmpir 6 bulan.... Adduuhh pusing......
    Seperti Ada kejanggalan deh?? ?
    Saya Tanya koq lama sih dok dy bilang jadwall operasi udh pada penuh... Kmu bisa operasi pada bulan ITU.... Hadeeuuhh pake bpjs koq bgini banget yy.... Klo mesti nunggu 1 atau 2 bulan OK lah.. .tpi ini mah 6 bulan.... Sedangkan amandel saya udh masuk kategorri bahaya....
    Bingung saya hrus gmna.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dikomunikasikan ke bagian BPJSnya mas. atau cari RS lain yang bisa segera melakukan penanganan. saya cukup heran jika ada RS yang menunda terlalu lama untuk penanganan bagi pasien yang sudah sangat membutuhkan penindakan.

      Hapus
  77. mbak kok kata dokter kista di pergelangan tangan saya tdk bs ditanggung bpjs ya? minta saran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diskusi dengan bagian pelayanan BPJSnya mas yang di RS. setahu saya bisa ditanggung BPJS

      Hapus
  78. Mao tanya mba nike? Apa iya penjadwalan operasi itu tidak ada hari pastinya? Papa saya mao di operasi di RSCM tapi harinya belom tahu. Katanya tunggu di telp dr RS. Klo seperti ini seperti di gantung belom ada kepastian. Mohon solusi nya mbak biar bisa cepat dilakukan tindakan dr RSCM. Atau mungkin teman2 ada yg punya kenalan dokter mata di RSCM agar Papa saya bisa cepat di operasi. Terima kasih buat semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu untuk RS di Jakarta. Kalau saya kemarin dari dokternya sendiri yang menentukan jadwal untuk operasi, menyesuaikan jadwal beliau. Alhamdulillah dilancarkan. Semoga ayahnya dilancarkan untuk proses operasinya dan segera diberi kesembuhan. Aamiin

      Hapus
  79. Mba ikut tanya, saya pengguna bpjs kelas 2.mau operasi, saya mau naik kelas vip nanti setelah operasi. Apakah biaya operasi itu ikut kelas 2 atau vip?? Dan kalau misalnya saya tidak dirawat inap sebelum operasi, apakah nanti biaya operasinya ikut kelas vip, atau sesuai bpjs saya kelas 2???

    BalasHapus
  80. Mbak aku mau nanya nih, kan aku didiagnosa dokter harus operasi THT dengan biaya 40jtan, saya ada bpjs kelas 2 yang bayarnya selalu rutin tiap bulan (potong gaji dari perusahaan) tapi faskesnya ada didomisili saya (jogja) sedangkan saya sedang merantau, ada saran ga mbak? Saya harus gimana? Ijin kerja yang pasti bakalan lama banget ijinnya atau gimana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindahin saja BPJSnya mas, gampang kok. datang ke kantor BPJS tempat mendaftar ke daerah RS yang mau dirujuk.

      Hapus
    2. kita dapat menggunakan kartu BPJS kita meskipun di luas domisili. dan hal ini dapat dilakukan maks. 3 kali rujukan. jadi jika kita ingin melakukan pengobatan di luas domisili faskes bpjs dapat dilakukan. kita tinggal datang ke puskesmas terdekat dengan tempat tinggal kita, semoga membantu. :)

      Hapus
  81. Maaf ada yang tau rumah sakit di surabaya yang bisa melakukan tindakan laparoskopi dengan di cover bpjs dimana?terima kasih

    BalasHapus
  82. Sekarang sudah dipermudah.... pelayanan juga baik... Anak 6 kali kerumah sakit tidak mengeluarkan biaya sama sekali... Kecuali telat bayar BPJS denda 50rbu supaya tidak masuk umum.

    BalasHapus
  83. Selamat hari semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan nyawa dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut via e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau aplikasi apa?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami sesuai keinginan
    Pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  84. Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasinya +2348131644141 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

    Email: hanandexspecialist@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  85. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang karena itu
    gangguan keuangan dan tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    Klinik mengkhususkan diri dalam operasi ginjal dan kita juga berurusan dengan pasar
    dan transplantasi ginjal dengan donor yang sesuai.
    Kami berada di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    Yang berminat menjual atau membeli ginjal jangan ragu
    hubungi kami melalui email

    Email: Doctordaniel95@outlook.com Atau Doctordanielben@gmail.com

    Whatsapp: +2349028230916

    Salam Hormat.
    Dr. Daniel.

    BalasHapus
  86. Ibu saya habis operasi tumor usus, sudah pakai bpjs selama bertahun2 dan tdk pernah terlambat pembayarannya..tp kenapa jumlah tagihan RS masih besar..dan jumlah tagihan yg harus dibayarkan 32jt padahal sudah pakai rujukan dari klinik faskes pertama..apakah ini termasuk politik dari RS tersebut? Karena kata dokternya peralatan operasi tdk ditanggung bpjs,pdhl setahuku operasi tumor termasuk operasi yg ditanggung bpjs..

    BalasHapus
  87. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangannya rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami menawarkan Anda kuantitas squash untuk ginjal Anda. Namaku
    Daniel adalah seorang ahli nefrologi di Pusat Kesehatan UBTH. Kami adalah
    klinik khusus di rumah sakit ginjal, dan juga berhubungan dengan pasar
    dan transplantasi ginjal dengan kehidupan donor yang memadai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, USA, Malaysia. Ya
    Orang yang tertarik menjual atau membeli ginjal tidak ragu untuk melakukan ini
    hubungi kami melalui email.

    E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau DoctorDanielben@gmail.com
    Whatsapp #: +2349028230916

    Salam
    Dr. Daniel

    BalasHapus
  88. Ibu saya sedang dalam proses pengobatan kista di RS swasta , ko tetep bayar mahal ya pake BPJS, biaya kata dokter hampir 20 juta , itu juga udah pake BPJS?

    mau pindah ke RS lain , ibu saya sudah terlanjur daftar , dan sudah cape juga ngurus sana sini, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, terimakasih sudah mampir. saran saya bisa tanyakan ke pihak RS rincian biaya yang ditanggung dan yang tidak ditanggung oleh BPJS. jika memang keberatan lebih baik pindah ke RS lain.

      Hapus
  89. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  90. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangannya rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda sejumlah ginjal Anda. Nama saya adalah
    Daniel adalah seorang ahli nefrologi di Pusat Kesehatan UBTH. Kita
    klinik khusus di rumah sakit ginjal, dan kami juga melakukan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan kehidupan donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, USA, Malaysia. Jika kamu
    Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukan ini
    hubungi kami melalui email.

    E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau DoctorDanielben@gmail.com
    Nomor ponsel: +2349028230916

    Salam pembuka
    Dr Daniel

    BalasHapus
  91. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter Daniel adalah Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
    klinik khusus di Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian
    dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai.
    Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
    tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk melakukannya
    hubungi kami melalui email.

    Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
    Nomor Ponsel: +2349028230916.

    Salam Hormat.
    Dr Daniel.

    BalasHapus
  92. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  93. Saya ingin berterima kasih kepada seorang Dokter medis yang luar biasa dalam pribadi Dr Collins Raphael yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga dalam kepercayaan dan urgensi, ia membeli salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar, saya menemukan alamat email di internet sebagai doctorcollins3@gmail.com diterbitkan oleh satu Michel dan Lopez berterima kasih kepadanya dan memberi tahu dunia tentang bagaimana dia datang menyelamatkan mereka secara finansial sebagai akibat dari membeli ginjal mereka tanpa stres, saya segera menerapkan melalui email dan saya mengingat semua perhatian yang saya butuhkan oleh Dokter dalam waktu kurang dari seminggu saya memenuhi semua persyaratan, dan uang setengah saya seperti mimpi ketika datang ke rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dr.Collins melalui; doctorcollins3@gmail.com untuk kedahsyatan keuangan Anda untuk datang seperti tambang beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya skala. doctorcollins3@gmail.com

    BalasHapus
  94. Apakah Anda masih di luar sana melewati krisis keuangan, dan Anda punya
    apa yang kami berikan uang dan masih tetap sehat, saya ingin memberitahu Anda itu
    Saya menjual rumah sakit KIDNEY saya ke Fortis dengan jumlah $ 180,000 USD, sekarang
    bahagia dengan hidupku karena aku masih sangat sehat, jika kamu ingin menjualnya
    ginjal, Anda dapat menghubungi rumah sakit dengan emailnya [
    fortis.hospital.in@gmail.com] mereka bahkan membayar Anda sebagian dari uang itu
    Anda memproses visa Anda untuk datang untuk operasi dan segera setelah itu
    operasi mereka memberi Anda saldo kas, saya membentuk Indonesia, jika Anda
    Anda tertarik bisa menghubungi rumah sakit via
                       fortis.hospital.in@gmail.com

    BalasHapus
  95. PERHATIAN! PERHATIAN!! PERHATIAN!!! Selamat Datang di DOCTORMARIAGENERALHOSPITAL jika Anda Ingin menjual ginjal Anda untuk mengatasi semua masalah keuangan Anda Kami menawarkan gratis, tidak ada bantuan kewajiban untuk pasien internasional untuk menemukan perawatan medis kelas dunia. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang besar karena kehancuran keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi via. whatsapp: +2349064509248 atau Email: doctormariamedical@gmail.com

    BalasHapus
  96. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  97. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  98. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  99. Habis berapa operasi kistanya pakai bpjs dari kelas 1 ke vip kak??? Soalnya saya juga mau ada rencana operasi kista pkai bpjs tpi takut kalo pelayanannya beda sama pasien rawat umum

    BalasHapus
  100. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus
  101. Met siang mba nike. Mau tanya bgmn mengurus rujukan dari rsu daerah di kalimantan untuk dirujuk oleh dokter spesialis jantung dilakukan operasi by pass dijkt ? Selain surat rujukan dokter apa lg syarat yg harus dipenuhi. Mksh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer